Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan


MANFAAT DAUN KELOR BAGI KESEHATAN
Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.
Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan:
·         vitamin A (gangguan penglihatan),
·         kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver),
·         kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis),
·         kekurangan vitamin C (pendarahan gusi),
·         kekurangan kalsium (osteoporosis),
·         kekurangan zat besi (anemia),
·         kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).



SUPLEMEN DAUN KELOR
1.      Menyediakan nutrisi & energi.
a.      daun kelor untuk menguatkan bagian tubuh untuk tetap aktif sepanjang hari. Tubuh otomatis akan merasa berenergi. 
2.      Membantu pencernaan dan menjaga berat badan
a.      Sebuah penelitian mengenai daun kelor menunjukkan tanaman yang satu ini bisa membantu menangani masalah pencernaan. Cara kerjanya dengan merangsang metabolisme tubuh membakar kalori lebih cepat.
b.      Mengonsumsi daun kelor bagus untuk mengatasi masalah pada perut. Misalnya sulit buang air besar atau konstipasi.
c.       BOOST METABOLIC RATE AND AID IN WEIGHT LOSS:
Moringa increases the body’s metabolic rate which will result in fats being burned faster. The Vitamin B helps in digestion and converts food into energy. The Methionine in Moringa leaves can absorb fat. To achieve weight loss, pair Moringa with exercise and a healthy diet.
3.      Anti kanker.
a.      Dalam penelitian kultur jaringan sel kanker serviks yang dipublikasi dalam jurnal Food and Chemical Technology menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kemampuan untuk mendukung kematian sel dini serta mencegah reproduksi sel-sel kanker. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa daun kelor bisa menjadi potensi pencegahan kanker alami.


4.      Penyakit jantung.
a.      Penelitian pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2009 menunjukkan bahwa daun kelor bisa menjadi sumber antioksidan serta mencegah kerusakan jantung. Dalam penelitian tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari bisa membuat lipid teroksidasi lebih rendah sehingga jaringan jantung terlindung dari kerusakan struktural. Namun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk membuktikan apakah hal tersebut berlaku untuk manusia atau tidak. 

5.      Bantuan arthritis.
a.      Dalam journal of Chinese Integrative Medicine yang terbit bulan Februari 2011, daun kelor bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit seperti arthritis. Dalam studi yang dilakukan terhadap hewan, ekstrak daunnya bisa mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada kasus rematik. Sebuah studi juga mengungkapkan kombinasi antara ekstrak daun dan akar bisa mengurangi rasa sakit. 
6.      Anti diabetes.
a.      Kandungan seng yang tinggi bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Seng merupakan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi insulin. Dalam journal of Diabetes yang terbit pada Juni 2012, setiap 150 miligram per kilogram berat badan selama 21 hari dapat memberikan manfaat anti diabetes yang cukup signifikan. Studi tersebut dilakukan pada hewan.
7.      EYES/Kesehatan Mata
Having healthy eyes and normal vision is something that can often be taken for granted but requires the right nutrition on order to maintain normal function. Moringa is a source of vitamin A (18.9% NRV per serving) which contributes to normal vision.  
8.      Skin/ Kulit
Aduna Moringa Powder has been heralded by Vogue magazine as "redefining beauty from within." 
It is jam-packed with skin-loving vitamins including:
  • Vitamin A: 18.9% of NRV
  • Vitamin E: 16.9% of NRV
Vitamin A is essential for healthy, radiant skin and vitamin E protects cells from oxidative stress helping fight the signs of ageing.
Moringa also has one of the highest antioxidant contents of any food. With an ORAC value of 157,000, it has 6x the antioxidants of goji berries and comparable levels to the antioxidant powerhouse matcha.  Antioxidants are essential for protecting, repairing and preventing cell damage, minimising the ageing process of the skin in the long-term. They help counteract oxidative stress and the effects of free radicals. Free radicals are unstable molecules that damage collagen causing skin dryness, fine lines, wrinkles and premature ageing.Read our article about antioxidants and why we need them here.The skin benefits of moringa are so exceptional that Aduna Moringa Powder is one of the first food items to ever be sold in the beauty hall of prestigious London department store Liberty.

Komentar

Postingan Populer